PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

Lakukan Sosialisasi di IP2SIP Demi Tertib Administrasi Keuangan di Masa Mendatang




 Tim Keuangan BPSIP Aceh melaksanakan Sosialisasi Pengelolaan Administrasi Keuangan ke IP2SIP Paya Gajah dan IP2SIP Gayo. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari Selasa tanggal 5 Maret 2024 dan Hari Jum’at tanggal 8 Maret 2024. Tim Keuangan BPSIP Aceh yang ikut hadir melaksanakan sosialisasi ke IP2SIP Paya Gajah yang diketuai oleh Masykura, S.ST dan Janusadaruddin yang mengetuai rombongan sosialisasi ke IP2SIP Gayo.

 
BPSIP Aceh merupakan bagian dari suatu unit organisasi pada Kementerian Pertanian yang melaksanakan satu atau beberapa Kegiatan yang membebani dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dimana Administrasi keuangan adalah proses pengelolaan yang melibatkan semua kegiatan yang berhubungan dengan keuangan, pembuatan laporan keuangan, dan pencapaian tujuan untuk kepentingan bersama. Agar sistem keuangan bisa teratur maka diperlukan budget atau anggaran. Pengelolaan administrasi keuangan dalam Satker meliputi beberapa hal berupa  menerima, menyiapkan uang, serta melaksanakan administrasinya. Menyiapkan bukti yang lengkap mengenai penerimaan dari pengeluaran keuangan sesuai dengan peraturan selanjutnya menyusun laporan kas.
 
 
Dalam Sosialisasi Pengelolaan Administrasi Keuangan ke IP2SIP Paya Gajah dan IP2SIP Gayo, tim keuangan BPSIP Aceh juga ikut menyerahkan dokumen ROK (Rencana Operasional Keuangan) kepada masing-masing Ketua Tim keuangan di setiap Instalasi Pengujian dan Penerapan Standar Instrumen Pertanian di daerah Kabupaten Aceh Timur dan Kabupaten Bener Meriah. Dengan dilaksanakan sosialisasi ini diharapkan dapat meminimalisir kesalahan pada saat penyusunan administrasi keuangan pada tahun anggaran yang berjalan.