PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh

BPSIP ACEH MENGIKUTI WORKSHOP VERIFIKASI DAN REVIU LAPORAN KEUANGAN/BARANG MILIK NEGARA




(Bogor, 24 Januari 2024) Berlokasi di Auditorium Utama Ir.Sadikin Sumintawikarta Jl.Tentara Pelajar No.12, Ciwaringin Kab. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, BSIP menggelar workshop verifikasi dan reviu atas laporan keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) semester 2 tahun 2023 lingkup BSIP. Kegiatan dilaksanakan secara offline yang diikuti oleh seluruh satuan kerja (satker) lingkup BSIP yang tersebar di seluruh wilayah indonesia dengan total jumlah 64 satker dengan jumlah total peserta sebanyak 258 yang terdiri dari pejabat struktural, fungsional dan operator yang membidangi pelaporan keuangan/ GLP, BMN dan persediaan, serta BPSIP Aceh turut mengikuti workshop ini dengan mengirimkan dua orang staf yang merupakan petugas GLP dan petugas BMN.

 
Acara yang dibuka oleh Sekretaris BSIP, Dr. Ir. Haris Syahbuddin DEA, berlangsung dari tanggal 22-25 Januari 2024. Dalam sambutannya, Sekretaris BSIP menyampaikan bahwa workshop ini sangat penting karena dilakukan sebagai wujud pertanggung jawaban satker dalam menyusun laporan keuangan. Adapun tujuan dari workshop ini salah satunya sebagai pengawalan atas transaksi keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP). Lebih lanjut beliau menyampaikan perlunya memanfaatkan menu “to do list” dalam pengelolaan dan peningkatan akurasi penatausahaan Laporan Keuangan dan BMN, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas laporan yang disajikan dalam mengupayakan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan di lingkup Kementerian Pertanian.
 
Acara selanjutnya merupakan kegiatan inti dari rangkaian kegiatan ini yaitu pelaksanaan verifikasi oleh tim SAI dari BSIP mengenai permasalahan administrasi keuangan dan pengelolaan BMN yang dilanjutkan dengan pelaksanaan reviu oleh tim dari Inspektorat Jendral IV Kementerian Pertanian. Pada semester ini BPSIP Aceh sendiri sudah cukup baik dalam penyajian laporan Keuangan dan BMN.